Tanya Jawab

Tanya Jawab

Tanya Jawab


1. Apakah manfaat dari WBS?

Manfaat dari aplikasi WBS Aviasi adalah:

1. Fasilitas bagi Komite Pengawas untuk mendeteksi dini adanya pelanggaran di unit-unit kerja
2. Memberikan perlindungan pada pengadu
3. Fasilitas bagi pegawai untuk mengadukan penyimpangan tanpa mengungkap identitas
4. Mendorong partisipasi pegawai dalam upaya pencegahan dan pemberantasan KKN
5. Mendorong terciptanya Pembangunan Zona Integritas 6. Mendorong peningkatan Reformasi Birokrasi

2. Berapa lama respon atas pengaduan yang disampaikan diberikan kepada pelapor?

Sesuai dengan peraturan yang berlaku, bahwasannya jawaban/respon atas pengaduan yang disampaikan wajib diberikan dalam kurun waktu paling lambat 7 (tujuh) hari terhitung sejak pengaduan diterima.

3. Apakah bentuk respon yang diberikan kepada pelapor atas pengaduan yang disampaikan?

Respon yang diberikan kepada pelapor berupa status/tindak lanjut pengaduan paling akhir sesuai dengan respon yang telah diberikan oleh pihak penerima pengaduan. Respon terkait dengan status/tindak lanjut pengaduan dapat dilihat dalam history pengaduan aplikasi WBS.

4. Apakah setiap melakukan pengaduan harus membuat dan register username baru?

Tidak. Satu username dapat melakukan pengaduan lebih dari satu kali pengaduan. Setelah selesai membuat satu pengaduan, anda dapat membuat pengaduan terkait dengan dugaan pelanggaran dan/atau ketidakpuasan terhadap pelayanan yang diberikan lainnya dengan memilih "tambah pengaduan". Masing-masing pengaduan akan mendapatkan nomor register yang berbeda.

5. Apakah pengaduan yang saya berikan akan selalu mendapatkan respon?

Pengaduan yang anda berikan akan direspon dan tercantum dalam aplikasi WBS ini dan akan terupdate secara otomatis sesuai dengan respon yang telah diberikan oleh pihak penerima pengaduan. Untuk dapat melihat respon yang diberikan, anda harus login terlebih dahulu dengan username yang telah anda registrasikan di aplikasi ini dan anda dapat melihat status pengaduan dalam history pengaduan sesuai dengan nomor register pengaduan yang didapatkan. Sebagai catatan, pengaduan anda akan lebih mudah ditindaklanjuti apabila memenuhi unsur pengaduan.

6. Saya sudah mengirimkan pengaduan namun di kemudian hari saya ingin merubah/menambahkan data terkait pengaduan yang saya lakukan, apa yang harus saya lakukan? Apakah harus membuat pengaduan baru?

Data yang sudah dilaporkan sebelumnya tidak dapat dilakukan perubahan namun anda bisa menambahkan data lain terkait pengaduan dengan mengunggah data dalam bentuk seperti dokumen, foto, video, dan lain sebagainya masing-masing dengan ukuran maksimum 2MB untuk setiap file. Anda dapat manambah lampiran jika komite WBS telah merepson laporan Anda dengan menandai status di-Verifikasi. Ketika laporan Anda berstatus di-Verifikasi, maka Anda tidak perlu membuat pengaduan baru, Anda hanya akan menambah lampiran yang dibutuhkan. Mengunggah data tambahan baru dapat dilakukan dengan login username yang telah diregistrasikan sebelumnya di aplikasi ini lalu masuk ke halaman pengaduan. Dalam halaman pengaduan, anda memilih pengaduan yang ingin ditambahkan data tambahan kemudian mengisi formulir upload lampiran baru.

Aviasi Whistleblowing System


PT Angkasa Pura Aviasi
Bandara Internasional Kualanamu,
Jl. Bandara Kualanamu Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara - 20552
Telepon: (061) 88880300 Ext.832 | Email: adminwbs@avi.id